Everton Menyelesaikan Penandatanganan Lukaku

Everton Menyelesaikan Penandatanganan Lukaku

romelu lukaku

 

Lukaku memulai karier sepak bola dengan Rupel Boom F.C., KFC Wintam, dan Lierse S.K.. Ia memulai debut profesional saat bersama Anderlecht di Liga Jupiler. Bersama Anderlecht, Lukaku berhasil menjadi top skor Liga Jupiler musim 2009–10 dan membawa Anderlecht sebagai juara. Ia juga meraih Belgian Ebony Shoe tahun 2011, penghargaan pemain terbaik keturunan Afrika di Liga Jupiler. Pada Agustus 2011, ia bergabung ke Chelsea. Pada awal musim 2012–13, Lukaku dipinjamkan ke West Bromwich Albion. Lukaku kembali dipinjamkan pada musim selanjutnya, kali ini ke Everton hingga kemudian Chelsea menjualnya ke klub tersebut pada Juli 2014. Setelah tiga musim bersama Everton, pada Juli 2017, Lukaku bergabung ke Manchester United. Ia bermain selama dua musim untuk klub itu, sebelum bergabung dengan Inter pada Agustus 2019. Selama dua musim bermain dengan klub kota Milan itu, ia berhasil meraih gelar juara Serie A pada musim ke-duanya. Lukaku kembali ke Chelsea dengan rekor nilai transfer terbesar klub itu, yang juga menjadikannya sebagai pemain dengan nilai transfer kumulatif termahal, pada Agustus 2021.

Lukaku mencetak gol untuk Belgia di Piala Dunia

Everton telah menandatangani striker Chelsea Romelu Lukaku untuk rekor klub £ 28m.

Pemain depan Piala Dunia Belgia berusia 21 tahun, yang mencetak 16 gol dengan status pinjaman di Everton musim lalu, telah menandatangani kontrak lima tahun di Goodison Park.

Bos Everton Roberto Martinez mengatakan: “Penandatanganan ini tidak hanya penting untuk musim ini. Ini adalah hari yang signifikan dalam sejarah klub sepak bola ini.”

Lukaku bergabung dengan Chelsea dari Anderlecht seharga £18 juta pada Agustus 2011 tetapi hanya bermain 15 pertandingan untuk klub.

Setelah menandatangani kontraknya di Goodison, Lukaku berkata: “Saya berusia 21 tahun, saya harus bermain di tim yang bagus. Saya harus berada di tempat yang terasa benar.

“Saya memutuskan dengan sangat cepat bahwa saya ingin kembali. Ini adalah tempat saya berada.”

Transfer Lukaku memecahkan rekor sebelumnya sebesar £15 juta untuk Marouane Fellaini ketika ia bergabung dengan Everton dari Standard Liege pada 2008.

Awalnya diperkirakan Everton akan membayar £23.7m untuk Lukaku sebelum klub mengungkapkan biaya £28m. Chelsea percaya transfer menempatkan mereka dalam posisi yang kuat untuk mematuhi aturan Financial Fair Play UEFA.

Bos Chelsea Jose Mourinho, yang kini telah mendatangkan £ 68m setelah penjualan Lukaku dan bek David Luiz, mengatakan: “Dia ingin bermain untuk Chelsea tetapi ingin menjadi striker pilihan pertama. Itu sangat sulit untuk dijanjikan.

“Everton membuat tawaran penting dan financial fair play adalah sesuatu yang selalu ada di balik pemikiran dewan. Ini membuat Chelsea dalam posisi yang bagus.”

Martinez berkata: “Kami tahu bahwa Romelu masih muda dan potensi yang dia miliki cukup unik, dan kami sangat ingin melihatnya menikmati sepak bola dan melihatnya tumbuh sebagai pesepakbola di tahun-tahun mendatang.”

Lukaku menjadi terkenal saat berusia 16 tahun bersama Anderlecht di musim 2009-10 ketika ia mencetak 15 gol untuk membantu meraih gelar liga Belgia.

Dia mencetak 16 di musim berikutnya dan 2011-12 pindah ke Chelsea, di mana dia memainkan peran kecil di bawah Andre Villas-Boas dan kemudian Roberto Di Matteo.

Lukaku bergabung dengan West Brom dengan status pinjaman untuk musim 2012-13, mencetak 17 gol dalam 38 pertandingan saat The Baggies mencatatkan finis kedelapan tertinggi di Premier League.

Kemudian musim lalu, dia menjadi pencetak gol terbanyak di Everton saat mereka finis kelima di Liga Premier dan lolos ke Eropa untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Lukaku mencetak gol ke gawang Manchester City, Liverpool dan Arsenal musim lalu.

Eksploitasi Lukaku di Goodison juga membantu mengamankan tempat di skuad Belgia asuhan Marc Wilmots untuk Piala Dunia 2014.

Dia membuat empat penampilan di Brasil, mencetak satu gol, saat Belgia mencapai perempat final, kalah 1-0 dari Argentina.

Manajer Chelsea Jose Mourinho telah menandatangani dua striker dan melepaskan dua musim panas ini.

Diego Costa, 25, pindah seharga £ 32m dari Atletico Madrid dan legenda klub Didier Drogba, 36, bergabung kembali dengan The Blues dengan status bebas transfer. Samuel Eto’o dibebaskan dan Demba Ba dijual ke Besiktas seharga £4,7 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *